Selasa, 21 Juni 2011

Clinical Pastoral Education (CPE)

Terkait dengan peningkatan kapabilitas para staf yang melayani di Panti Karya Hephata, pada tanggal 23-28 Mei 2011, dilakukan Clinical Pastoral Education (CPE) oleh Pdt. Anna Vera Pangaribuan, MSi di Panti Karya Hephata. Karena banyak staf yang mengikuti pembekalan pastoral ini, maka pembekalan ini dilakukan 2 tahap, yaitu para staf dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama melakukan CPE pada tanggal 23-25 Mei 2011 dan kelompok 2 pada tanggal 26-28 Mei 2011.

Dalam pelaksanaan CPE ini selain dilakukan pembekalan pastoral, para staf pun dikonseling pastoral pribadi lepas pribadi oleh Pdt. Anna Vera. Hasilnya cukup baik, sebagian besar para staf merasakan ketenangan ketika dikonseling dan terbuka untuk menceritakan segala sesuatu tentang pribadi maupun pelayanannya.

3 hari yang dijalani oleh setiap kelompok, para peserta dibekali banyak sekali ilmu, khususnya ilmu psikologi. Terlebih pelayanan yang dibutuhkan adalah bagaimana agar tetap tenang menghadapi para diffabel. Untuk itu dalam CPE ini, para peserta diajak untuk terus berpikir positif dalam melihat segala sesuatu, baik dalam berhubungan dengan sesama pelayan maupun dalam melayani para diffabel. Berpikir positif ini bukan berarti tidak bisa mengkritisi, tapi dengan berpikir positif justru para pelayan diajak lebih kritis dalam melihat segala sesuatu. Dengan melakukan kritik yang membangun pasti akan membuat terjadinya sebuah perubahan ke arah yang positif atau yang lebih baik.

Selain pembekalan secara psikologis, para peserta juga diingatkan kembali akan panggilannya sebagai pelayan yang dipilih Tuhan untuk melayani umat pilihan-Nya, yaitu para diffabel di Panti Karya Hephata. Terlebih memang para diffabel yang ada di Panti Karya Hephata, sebagian besar adalah orang yang belum bisa mengurus dirinya sendiri, sehingga memang sebagai pelayan harus bekerja keras memberikan perhatian khusus secara total dan memberi teladan. Bukanlah suatu hal yang mudah dalam memberikan teladan, namun jika para pelayan sudah memahami panggilannya pasti akan sangat mudah dalam memberi teladan berangkat dari spiritualitasnya yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih para difffabel, apa yang dilihat itulah yang dilakukan dan apa yang didengar itulah diucapkan, sehingga bisa dikatakan apa yang tercermin dalam kehidupan para diffabel itulah yang dilakukan para pelayan di Panti Karya Hephata. 

Dampaknya kinerja para staf cukup meningkat untuk lebih semangat lagi dalam melayani. Setelah semua kegiatan selesai, pada ibadah penutupan dilakukan pemberian sertifikat, perjamuan kasih dan Perjamuan Kudus yang diikuti oleh semua staf dan juga pimpinan Panti Karya Hephata. Semoga pembekalan CPE ini sungguh-sungguh bermakna bagi peningkatan spiritualitas para staf yang tercermin dalam kehidupan pelayanan sehari-hari di Panti Karya Hephata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar