Senin, 12 November 2012


KEMITRAAN DENGAN UEM JERMAN
Hadirnya Stefan Kolonko di Hephata

Melalui daftar pilihan lokasi praktek yang ditawarkan oleh United Evangelical Mission (UEM), Stefan Kolonko seorang mahasiswa Universitas Fachhochschule der Diakonie memilih praktek lapangan di Panti Karya Hephata. Dia mengaku tertarik memilih Hephata, karena di Hephata ada program pengembangan sektor pertanian dan peternakan sebagai bina karya terhadap difabel. Di samping kesibukan belajar, dia juga menjadi tenaga pekerja sosial di Lebenshilfe, salah satu institusi rehabilitasi terhadap difabel di Jerman. Dia menjalani masa praktek lapangan selama 6 minggu (4 Juli-15 Agustus 2012) di Hephata. Selama di Hephata, dengan serius dia mengikuti setiap program sesuai jadwal yang telah diaturkan bidang administrasi Hephata, yakni pengasuhan di asrama, bina karya kerajinan tangan, pertanian - peternakan, pendidikan dan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) .

Perbedaan bahasa tidak mengurangi keakraban para klien dan staf Hephata dengannya. Menjadi kebersamaan yang sangat indah ketika para staf dapat berbagi pengalaman kerja dengannya. Sebagai pekerja sosial yang telah berpengalaman dan berpendidikan, dia banyak membagikan ilmu yang berharga yang dapat meningkatkan kinerja pekerja Hephata dalam pe-
ngasuhan.

“Setiap orang butuh didengarkan. Setiap orang memiliki keinginan dan kebutuhan. Tidak ada bedanya bagi difabel, bahkan yang retardasi mental berat sekalipun, mereka juga punya keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itu, kita harus memberikan hati mendengarkan kehendak dan kebutuhan mereka. Setiap tindakan yang akan kita lakukan kepada mereka perlu dikomunikasikan dengan sebaik-baiknya, meskipun mereka tidak merespon dengan sebuah ungkapan bahasa dari mulut mereka. Dalam setiap pengambilan keputusan tentang mereka pun, kita perlu melibatkan mereka. Jangan melakukan terlalu banyak hal untuk mereka, tetapi ajarkanlah mereka melakukannya sendiri bagi diri mereka sendiri. Bantulah mereka sebatas kebutuhan mereka untuk dibantu. Berusahalah mempelajari dan mempraktekkan metode menarik perhatian mereka tanpa harus dengan suara keras-keras dan main tangan kepada mereka. Sesekali, ajaklah mereka melihat realita kehidupan yang lebih luas karena mereka juga butuh penyegaran pikiran..” Demikianlah beberapa point diskusi yang ditawarkannya bagi kami saat sedang bertukar pengalaman.

Ketika mengadakan kunjungannya ke RBM Hephata di Sibolga dengan didampingi Sabrina Manalu (staf Hephata yang menjadi guide), dia mengaku sangat kagum dengan kinerja Biv. Rosderi Sibarani, seorang pekerja lapangan RBM Hephata di Sibolga. Bibelvrow tersebut tetap bekerja keras melakukan kunjungan dan memberikan pengaruh positif bagi rehabilitasi yang dilakukan pada para difabel yang ada di Sibolga sekalipun dana RBM Hephata saat ini sedang terkendala. Di samping itu Stefan juga sangat mengapresiasi kinerja para pengasuh di Hephata. Dia menyatakan bahwa mereka adalah pengasuh-pengasuh yang sangat tangguh, karena harus bekerja 24 jam. Namun, tidak lupa dia memberikan masukan bahwa pengasuh juga memerlukan free time. Hal inilah memang yang menjadi pergumulan Hephata, yakni perekrutan tenaga pengasuh yang memiliki skill.

Di kemudian hari, setelah dia kembali ke Jerman, dia menuliskan kalimat-kalimat berikuti ini di inbox  facebook Hephata;

 “…Hi, my name is Stefan Kolonko and I´m from germany. I`m a professionel caretaker and study socialmanagement.I worked six weeks in Hephata and enjoyed this time very much! The most important thing for institutions is that the people who live and work there are happy. I can truly say that the clients in Hephata are very happy and I observe this everyday. The worker also have a very high spirit and do their very best. They are highly motivated to learn how to treat the clients and they need a lot of more informations, so that they can perfectionise it more and more. They have good dreams and visions. They think about all stakeholders and reflect their word in meetings. That means the structure (very importants for germans smile) is there, they only need to go on! I hope I can visit Hephata again and see if they get their goals. I think they will! God is with you and likes what you do for the clients everyday…” . (SM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar